Cicih Wiarsih.. Legenda Kota Cianjur


Sejarah merupakan hal yang penting yang mestinya dilestarikan oleh berbagai pemerintah kota di berbagai daerah di indonesia agar para generasi muda dapat mengetahui banyaknya jasa-jasa para pahlawan membuat indonesia menjadi seperti sekarang ini. Salah satu kota yang memiliki banyak sejarah juga yaitu cinajur, di cianjur sendiri terdapat tokoh pendidikan yang berperan besar bagi pendidikan masayarakat di dalam kotanya.

Cicih wiarsih merupakan salah satu anak bangsawan cianjur yaitu bupati cianjur yang sangat peduli dengan kondisi pendidikan di kotanya. Pada saat itu warga cianjur tidak memiliki tempat untuk dapat belajar atau mendapat hak pendidikan, pada saat itu cicih wiarsih mulai tergerak hatinya untuk dapat mengajar para warga cianjur untuk medapat pendidikan sehingga pengetahunnya lebih luas, terutama bagi kaum perempuan yang selalu dianggap sebagai kaum nomor dua dan selalu disepelekan.

Maka dari itu cicih wiarsih bertekad untuk dapat membangun sekolah bagi warga cianjur, bersama sesama pejuang pendidikan pada zaman itu yaitu siti jenab, cicih wiarsih berhasil membangun sekolah yang dapat menampung warga sekitar untuk mendapat pendidikan yang layak. Dahulu belanda masih saja menjajah dan memanfaatkan orang-orang pribumi untuk dijadikan budak oleh karena itu jika warga pribumi cianjur mendapat pendidikan tidak bisa lagi dijadikan sebagai budak atau dibodohi oleh belanda begitu pikir cici wiarsih sehingga bertekad dengan sungguh untuk menciptakan pendidikan di kota cianjur.

Siti jenab yang juga memiliki tekad yang sama dan bahkan mendatangi rumah-rumah untuk mengajar ditemani oleh cicih wiarsih untuk dapat mengajar warga cianjur. Kini sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa beliau nama beliau dijadikan salah satu nama jalan yang ada di kota cianjur. Sebagai anak muda yang juga mestinya menjunjung tinggi sejarah yang menjadi salah satu penopang yang menjadikan cianjur seperti sekarang ini haruslah mengenal berbagai sejarah dan mana-nama tokoh yang telah berjasa bagi pertumbuhan kota cianjur yang kini dikenal karena tata letak kotanya yang bagus juga tempat-tempatnya yang indah.

0 Response to "Cicih Wiarsih.. Legenda Kota Cianjur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel