Raden Prawatasari


Pahlawan semestinya memang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat sehingga jasa-jasa pahlawan pada zaman dahulu mendapat penghargaan yang mungkin dapat menjadi salah satu balas jasa yang tidak seberapa. Salah satu tokoh yang kini mulai terlupakan adalah tokoh yang berpengarh dalam kemajuan kota cianjur yaitu Raden Prawatasari yang namnaya kini diabadikan menjada salah satu nama tempat di cianjur.

Tempat tersbeut kini sering dikunjungi oleh masyarakat bahkan oleh anak-anak muda, namun apakah anak-anak muda tersebut mengetahui sejarah mengapa tempat tersebut dinamai taman prawatasari? Mungkin pelajaran sejarah di sekolah harus juga menyinggung sejarah-sejarah di kota tempat para murid tinggal agar semakin kaya pengetahuannya juga agar lebih mencintai kotanya sendiri. Agar nama-nama yang berjasa membangun dan mendirikan kota tersebut dapat dikenal juga oleh anak-anak muda zaman sekarang.

Pada zaman dahulu pada saat orang-orang belanda sedang gencar-gencarnya menyerang negara indonesia, mereka tertarik untuk mengambil alih kota cianjur yang letaknya strategis ke batavia yang sekarang telah berubah nama menjadi jakarta letaknya dekat juga ke kota bandung juga dekat oleh karena itu para belanda ingin mengambil alih kota cianjur, banyak rakyat yang juga harus menderita dan dijajah seenaknya oleh kaum belanda maka raden prawatasari mengumpulkan masyarakat untuk lebih berani dan melawan kekejian Belanda.

Dengan membuat strategi yang matang bersama sekutunya raden prawatasari menyerang tempat-tempat yang didiami oleh belanda, hingga para belanda pun mulai panik dengan serangan raden prawatasari. Perjuangan raden prawatasari tersebut diabadikan sebagai nama tempat di kota cianjur.

Konon katanya bangsa yang besar ialah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya maka dari itu sudah sepatutnya untuk kita menghargai dan lebih mengenal perjuangan-perjuangan para pahlawan pada zaman dahulu untuk dapat memerdekakan kota cianjur juga bangsa indonesia hingga bisa menjadi seperti sekarang. Banyak sekali tokoh-tokoh di kota cianjur yang juga berpengaruh dan memiliki peran besar bagi terbentuknya kota kecil yang penuh dengan sejuat cerita yaitu cinajur ini.

0 Response to "Raden Prawatasari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel