Legenda Asal Papua, Frans Kasiepo


Posisi papua dalam sejarah indonesia sebenarnya unik, dimana saat indonesia sudah merdekapun papua masih berada dalam kendali belanda yang ingin papua tetap berada dalam kuasa mereka, padahal sudah jelas saat itu bahwa papua adalah bagian dari wilayah NKRI. Mungkin karena banyaknya sumber daya alam di Papua yang bisa dimanfaatkan dan diolah oleh belanda, sehingga belanda masih betah untuk berlama-lama di indonesia.

Belanda terus berupaya mempertahankan papua dalam kurun waktu 16 tahun setelah indonesia dinyatakan merdeka. Dalam kurun waktu yang lama itu bukan berarti rakyat papua berdiam diri saja tanpa menunjukan rasa nasionalisme mereka. Berbagai upaya dilakukan rakyat papua untuk menjadikan papua sebagai bagian dari NKRI, sehingga munculah beberapa tokoh yang berperan penting dalam upaya integrasi tersebut salah satunya, yaitu Frans Kasiepo.

Frans kasiepo adalah pejuang papua yang pertamakali mempopulerkan lagu indonesia raya di papua saat menjelang kemerdekaan. Frans kasiepo dikenal sebagai orang yang anti belanda pada saat itu, dapat ditemukan dalam nama Irian yang ia ubah artinya menjadi “Ikut Republik Indonesia Anti Nederlands”, padahal arti nama irian sendiri konon dalam bahasa biak adalah daerah panas. Frans Kasiepo juga ikut berperan dalam merancang pemberontakan rakyat biak dalam melawan pemerintahan kolonial belanda.

Ia juga sempat menolak menjadi ketua delegasi Nederlands Nieuw Guinea ke Konferensi Meja Bundar di den haag. Akibat dari penolakannya itu frans kasiepo dibuang dan dipekerjakan di distrik distrik terpencil papua. Selain itu ia juga banyak membantu para tentara pejuang trikora saat menyerbu papua. Pada sekitar tahun 1960-an kasiepo berjuang untuk memenangkan penentuan pendapat rakyat (pepera) yang ingin papua bergabung ke indonesia.

Proses tersebuat akhirnya menjadikan papua sebagian dari negara republik indonesia. Itulah perjuangan Frans Kasiapo dalam memperjuangkan papua agar bisa terlepas dari kendali pemerintahan kolonial belanda dan menjadikan papua sebagai bagian dari indonesia. Perjuangan Frans Kasiepo dalam memperjuankan papua kini dapat kita kenang dan ingat dalam gambarnya di uang sepuluh ribu yang baru, yang artinya Frans Kasiepo telah diakui sebagai pahlawan nasionalindonesia.

0 Response to "Legenda Asal Papua, Frans Kasiepo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel