Kisah Penggiat Seni Tradisional Asal Cianjur


Sejarah selalu memiliki daya tarik sendiri dalam mengembangkannya cerita yang ada di dalamnya membuat para sejarawan mengembangkan sejarah juga melestarikan sejarah dalam berbagai bentuk agar dapat dikenal oleh berbagai macam kalangan terutama anak-anak muda zaman sekarang yang mestinya lebih semangat dalam melestarikan bangsa dan sejarahnya. Salah satu kota yang memiliki sejarah dan kesenian yang mendalam ialah kota cianjur yang dikenal sebagai kota yang masih melestarikan tembang sunda yang dikenal sebagai tembang sunda cianjuran salah satu jenis kesenian yang terknal dan menjadi salah satu kearifan lokal cianjur.

Di kota cianjur seni tembang tersebut dikenal sebagai nama mamaos, banyak sekali tokoh yang membudidayakan kesenian mamaos sehingga masih berkembang sampai sekarang dan menjadi kekayaan kota cianjur. Salah satu tokoh yang terkenal mengembangkan kesenian tersebut adalah E.Nani. penggiat seni tersebut sering kali tampi pada acara-acara resmi yang diadakan oleh pemerintah pada zamannya.

Karena seringnya tampil pada suatu hari beliau diundang dalam acara Partai Komunis Indonesia, sehingga dikenal sebagai salah satu anggotanya hingga PKI ditentukan sebagai partai terlarang Nani dianggap sebagai anggotanya padahal tidak tahu menau sama sekali dan beliau tidak ikut dalam organisasi apapun. Terpaksa beliau kehilangan hak untuk melestarikan kesenian cianjur kembali salama tujuh tahun lamanya. Perjuangan dalam melestarikan kesenian cianjur bagi beliau belumlah selesai maka setelah dibebaskan beliau kembali menyanyi tembang sunda cianjuran atau yang dikenal sebagai mamaos.

Kini mamaos menjadi salah satu pilar kebudayaan, banyak juga penelitian yang meneliti asal mula mamaos di daerah cianjura, banyak juga sanggar di kota cianjur yang melestarikan kesenian-keseniah daerah. Banyak jenis lagu tembang sunda cianjuran yang mesti dikenal oleh anak muda zaman sekarang, bahkan di dewan kesenian cianjur sekarang semakin sedikit yang datang untuk lebih mengenal tembang cianjuran. Cianjur menjadi kota kecil yang memiliki banyak kesenian yang mesti dilestarikan dan dibanggakan ke khalayak luar oleh karena itu sebagai anak muda dan generasi penerus bangsa harus lebig giat dalam mengenal sejarah.

0 Response to "Kisah Penggiat Seni Tradisional Asal Cianjur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel