Megawati Soekarno Putri


Megawati mengawali masa pemerintahannya sebagai Presiden kelima Republik Indonesia dengan membentuk Kabinet Gotong Royong. Tugas Megawati saat itu untuk meghapus dan memberantas KKN sangatlah sulit karena masalah KKN yang waktu Orde baru belum tuntas ditambah lagi masalah KKN yang dilakukan pada masa pemerintahan Abdurahman Wahid. Krisis ekonomi pun belum tuntas sehingga megawati mewarisi masalh itu dan harus segera bertindak. Tapi sangatlah beruntung pada masa pemerintahan Megawati karena pada saat pemerintahannya, tidak banyak Kontroversi yang terjadi sehingga masalah pada sektor ekonomi dapat ditangani dan pada masa pemerintahannya megawati mendapat banyak pencapai di bidang ekonomi, dimana saat iru dari masa pemerintahan oerde baru sampai orde reformasi indonesia mengalami keterpurukan di sektor ekonomi.

Hal ini juga bisa disebabkan karena rendahnya tingkat inflasi dan stabilnya cadangan devisaNegara.Namun hal tersebut tidak berlangsung lama karena saat masa pemerintahannya banyak kebijakan yang mengakibatkan inflasi kembali meningkat, juga adanya hutang luar negeri yang saat itu juga meningkat. Ketidak merataan pembagian sumber daya alam pada masa itu berakibat pada keinginan untuk melepaskan diri Republik Indonesia, khususnya Prosvinsi Nangroe Aceh Darusalam (NAD) DAN Provinsi Papua. Hal itu menjadi masalah yang perlu diselesaikan megawati selain di sektor ekonomi. Upaya yang dilakukan Megawati untuk menjaga keutuhan republik Indonesia juga di Uji dengan adanya masalah baru dengan adanya sengketa status Pulau Sipadan dan Ligitan dengan pemerintahan Malaysia. Masalah ini dibawa ke Mahkamah Internasional di Deen Hag.

Indonesia menyatakan bahwa kedua pulau tersebut berada di Wilayah Indonesia. Namun Mahkamah Internasional menyatakan bahwa kedua pulau tersebut adalah milik Malaysia, Karena dengan beberapa pertimbangan Bahwa Kedua pulau tersbut terbukti telah dijaga dan di rawat oleh Malaysia. Hal ini menjadi pukulan telak bagi Indonesia yang tidak bisa menjada wilayah sendiri, Ini menjadi pelajaran Bagi Indonesia untuk bisa lebih menjaga dan merawat apa yang telah menjadi dan seharusnya milik kita. Pada masa pemerintahan Megawatipun Terjadi Pemilu Yang untuk pertama kalinya rakyat benar- benar diberi hak untuk memilih. Dengan begitu tahun 2004 dimana indonesia melaksanakan pemilu, maka terpilihlah Presiden Baru yaitu Susilo Bambang Yudhoyono dan berakhirnya masa pemerintahan Megawati Soekarno Putri.

0 Response to "Megawati Soekarno Putri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel